Tuesday, October 19, 2010

Pengertian Akuntansi

Akuntansi disebut juga sebagai “ bahasa bisnis” atau lebih tepat lagi sebagai “ pengambilan keputusan”.

a. Akuntansi adalah suatu seni pencatatan, penggolongan, dan peringkasan dari peristiwa – peristiwa dan kejadian – kejadian yang setidak – tidaknya sebagian bersifat keuangan dengan cara setepat – tepatnya dan dengan petunjuk atau dinyatakan dalam uang, serta penafsiran terhadap hal – hal yang timbul daripadanya. (Drs. S. Munawir, Analisis Laporan Keuangan edisi empat: 5)

b. Akuntasi didefinisikan dalam dua sudut pandang yaitu definisi dari sudut pemakai dan definisi dari sudut proses kegiatan. Definisi dari Proses Kegiatan, akuntansi adalah sebagai ”proses pencacatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan, dan penganalisisan data keuangan dari suatu perusahaan.” Definisi dari sudut proses kegiatan, akuntansi adalah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan, dan penganalisisan dari data keuangan suaatu perusahaan. (Al Hajono Jusub, Dasar – dasar akuntansi jilid 1 : 4 – 5).

c. Akuntansi adalah suatu suatu kegiatan jasa. Fungsinya adalah menyediakan data kuantitatif, terutama yang memiliki sifat keuangan, dari kesatuan usaha ekonomi yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan – keputusan ekonomi dalm memilih alternatif – alternatif dari suatu keadaan. ( Amirican Institute of Certifiet Public Accountants – AICPA)

No comments:

Post a Comment